Tips Memilih Perusahaan Asuransi Jiwa

Tips Memilih Perusahaan Asuransi Jiwa - Ada begitu banyak perusahaan penyedia asuransi jiwa, dari sekian banyaknya anda harus menentukan pilihan yang paling tepat untuk anda mengansurasikan jiwa anda.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli polis asuransi jiwa, ada satu perenungan yang perlu Anda pertimbangkan sebelumnya. Esensinya, bagaimana caranya agar Anda memiliki kecermatan dan ketepatan dalam memilih perusahaan asuransi untuk memenuhi kebutuhan Anda pada saat ini dan di masa yang akan datang?

Secara umum, dalam rangka memenuhi kebutuhan proteksi dan investasi, Anda membutuhkan perusahaan asuransi yang memiliki catatan reputasi dan kondisi keuangan yang kuat dan sehat.

Berdasarkan ketentuan dan peraturan yang berlaku, perusahaan asuransi yang beroperasi di Indonesia harus memiliki cadangan (reserves) pendanaan yang memadai untuk membayar semua kewajiban kepada para pemegang polis.

Ini bertujuan untuk memastikan bahwa perusahaan tersebut sewaktu-waktu bisa memenuhi kewajiban keuangan kepada para pemegang polis dan para ahli waris. Produk asuransi jiwa pada hakikatnya merupakan jaminan pertanggungan risiko di masa depan.

Anda tentu ingin berhubungan dengan perusahaan asuransi jiwa yang bisa menyelesaikan kewajiban secara memadai. Dalam hal ini, Anda sebagai nasabah akan menerima pembayaran santunan sesuai polis untuk setiap klaim yang valid. Harga premi juga menjadi pertimbangan bagi Anda, tetapi itu bukan satu-satunya faktor untuk memilih perusahaan asuransi jiwa.

Itu sebabnya, merupakan langkah yang tidak bijaksana bila preferensi pilihan Anda semata-mata karena faktor harga yang lebih murah.

Anda membutuhkan perusahaan asuransi jiwa yang memiliki kekuatan keuangan, dan bukan perusahaan yang menghindarkan diri dari kewajiban membayar pertanggungan atau manfaat polis yang dijanjikan.

Perenungan berikutnya, apakah skalabilitas perusahaan – dalam konteks ini ukuran besar-kecilnya perusahaan – ikut menentukan performa perusahaan dalam memberikan layanan terbaik bagi para nasabah? Ada dua kemungkinan jawaban yakni ya dan tidak.

Umumnya, perusahaan asuransi berskala besar di Indonesia sudah beroperasi da-lam kurun waktu yang cukup lama. Artinya, perusahaan asuransi jiwa tersebut sudah berpengalaman dalam melayani beragam kepentingan para pemegang polis.

Skala perusahaan dalam konteks ini bisa menjadi salah satu pertimbangan bagi Anda untuk menentukan pilihan. Meskipun demikian, hal itu bukan berarti bahwa Anda tidak perlu mempertimbangkan pilihan berasuransi dengan melibatkan perusahaan asuransi jiwa berskala kecil dan menengah.

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa beberapa perusahaan berskala kecil dan menengah sudah melayani pasaran asuransi jiwa di Indonesia dalam kurun waktu yang sama dengan berbagai perusahaan besar.

Dalam konteks ini, rekomendasi pilihan terhadap perusahaan asuransi tidak sematamata didasarkan pada skala perusahaan. Yang lebih penting, perusahaan asuransi yang menjadi pilihan Anda memiliki pemahaman yang memadai dalam menghadapi kompleksitas bisnis asuransi di Indonesia dan tantangan di dalamnya.

Perusahaan juga harus paham dan ahli dalam mengelola risiko.Perusahaan asuransi pilihan Anda harus cakap dalam mengembangkan aset,yang merupakan akumulasi dari dana milik para pemegang polis.

Selain itu, perusahaan juga harus memiliki pengalaman yang matang dalam memenuhi kewajiban keuangan jangka panjang. Yang tidak kalah penting, perusahaan asuransi jiwa harus memenuhi setiap janji yang terdapat pada produk yang ditawarkan dan senantiasa membayar kewajiban.

Di luar konteks pengalaman dan skalabilitas perusahaan, Anda juga perlu mengidentifikasi rekam jejak (track record) perusahaan dengan cara berdiskusi dengan kolega atau temanteman Anda yang sebelumnya sudah berasuransi melalui perusahaan tersebut.

Rekomendasi positif dari orang-orang terdekat Anda bisa menjadi pertimbangan berharga bagi Anda sebelum menentukan pilihan. Secara prosedural, sebelum Anda menentukan pilihan, biasanya Anda akan bertemu agen asuransi yang mewakili satu perusahaan asuransi jiwa.

Agen tersebut berperan dalam mengasistensi dan mengonsultasi Anda untuk menentukan pilihan produk yang sesuai kebutuhan Anda. Konkretnya, Anda bisa mendapatkan elaborasi tentang seluk-beluk produk asuransi dan entitas perusahaan yang menerbitkannya melalui jasa agen asuransi atau jasa perbankan (bancassurance).

Dengan mengandalkan keterampilan dan profesionalisme dalam bekerja, seorang agen asuransi akan membantu Anda dalam menganalisis kebutuhan proteksi Anda.

Kesigapan sang agen dan saran-saran profesional yang Anda dapatkan bisa menjadi pertimbangan bagi Anda untuk menentukan pilihan perusahaan asuransi jiwa bagi Anda. Sang agen akan memberikan rekomendasi program asuransi yang cocok dengan kebutuhan Anda.Anda perlu bercermat dalam menilai wawasan, kecakapan, dan sikap agen dalam melayani Anda. Selamat berasuransi jiwa.

Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia
Share Article on :
Titel Artikel Tips Memilih Perusahaan Asuransi Jiwa Url Artikel ini adalah http://misscareful.blogspot.com/2012/12/tips-memilih-perusahaan-asuransi-jiwa.html
Artikel Terkait
Leave a comment

1 Comment.

  1. terimakasih mbak atas arahannya. saya berharap tulisan ini mengispirasikan saya dalam memilah instansi asuransi jiwa.

Leave a Reply